Pemprov Bengkulu tetapkan harga beli TBS sawit Rp1.677 per kilogram

Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit khusus untuk di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS) sebesar Rp1.677 per kilogram.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan di Kota Bengkulu, Senin, mengatakan penetapan tersebut dengan toleransi harga lima persen dari harga beli terendah yang ditetapkan yaitu Rp1.511 per kilogram.

“Harga TBS sawit hari ini sudah ditetapkan dan harga ini berlaku untuk dua minggu ke depan sebab dalam satu bulan kita tetapkan dua kali,” kata Ricky.

Ia menjelaskan harga beli TBS di Provinsi Bengkulu telah di atas Rp1.200 hingga Rp1.500 per kilogram yang sebelumnya berada di harga Rp1.000 per kilogram.

Meskipun saat ini pemerintah telah menetapkan harga beli TBS sawit Rp1.600 per kilogram, namun Provinsi Bengkulu merupakan wilayah pembeli harga TBS sawit terendah.

Sebab, di beberapa wilayah lainnya harga TBS kelapa sawit dibeli oleh pihak perusahaan di atas Rp2.000 per kilogram.

“Kita menetapkan harga berdasarkan invoice perusahaan yang masuk,” ujarnya.

Dengan adanya penetapan harga tersebut, pihak perusahaan dapat mematuhi dengan melakukan pembelian TBS sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.

Ricky berharap agar kegiatan ekspor CPO dapat meningkat sehingga harga beli TBS sawit kembali naik. (Ant)

Artikulli paraprakTruk bermuatan karet jatuh ke jurang, sopir dan kernet terjebak
Artikulli tjetërPolisi: Lansia pelaku pencabulan terancam 9 tahun penjara