Kemenag Integrasikan Siaga dan Emis 4.0, Percepat Pencairan TPG PAI

Bandung — Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI), Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) tengah merampungkan integrasi Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (Siaga) dengan Emis 4.0.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendis H. Muhammad Ali Ramdhani berharap integrasi sistem pendataan elektronik ini semakin mengefektifkan pelayanan Direktorat PAI kepada para guru. “Fase sekarang kita harus lebih hati-hati. Dibutuhkan amplifikasi setiap kebijakan Direktorat PAI,” kata Dirjen Pendis, di Bandung Jawa Barat, Minggu (16/09).

“Saya harap integrasi Siaga dan Emis dapat mempercepat pencairan tunjangan profesi guru (TPG) PAI,” sambungnya.

Pria yang akrab disapa Dhani ini mengingatkan bahwa Direktorat PAI merupakan etalase Kementerian Agama pada lembaga pendidikan umum (sekolah). Karenanya, Direktorat PAI harus dapat memberikan layanan terbaik bagi penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam, tidak terkecuali yang berkenaan dengan TPG guru.

“Isu-isu yang menyangkut khalayak banyak, perlu mendapat penyelesaian lebih cepat lagi, Jangan hanya bicara soal masalah, tapi harus ada percepatan penyelesaian dan peningkatan layanan,” tukas Guru Besar bidang teknologi informasi UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, ini.

Alumni ITB Bandung ini berharap, Direktorat PAI dapat menjalin komunikasi publik secara baik di masyarakat. Keterbukaan penting dengan memanfaatkan secara efektif dan efisien berbagai kanal komunikasi. “Baik media resmi maupun media sosial, manfaatkan untuk mensosialisasikan berbagai norma dan kebijakan PAI,” kata Dirjen.

Direktur PAI H. Amrullah menjelaskan bahwa Aplikasi ‘Siaga’ merupakan sarana yang dibangun untuk membentuk basis data guru agama di sekolah umum. Aplikasi ini memuat informasi berupa profil atau identitas guru, termasuk menghitung jumlah jam mengajar/tatap muka dan aktifitas seluruh guru PAI binaan Kemenag.

Hitungan jam mengajar sangat penting karena menjadi rujukan dalam proses pembayaran TPG PAI. Amrullah berharap, dengan integrasi Siaga dan Emis, segera diperoleh validasi penghitungan jam mengajar dan berdampak pada percepatan pembayaran TPG PAI.

Hadir dalam acara Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidikan Agama Islam, para Kasubdit dan para PTP Ida Farida, Dadan Hendardi, Saiful Maarif, serta Kabid PAI dan PAKIS di lingkungan Direktorat PAI. (Rls)

Artikulli paraprakPembukaan Pameran Internasional Indonesia Energy dan Engineering, Kementerian PUPR Dorong Transformasi dan Teknologi Sektor Konstruksi
Artikulli tjetërSumbu Filosofis Axis Yogyakarta Resmi Diakui sebagai Warisan Dunia UNESCO