Ceramah Zuhur Ramadan Kementerian PUPR Jadi Motivasi Beribadah Puasa

Jakarta – Selama bulan suci Ramadan 1444 H, Badan Pembina Dakwah Islam (BPDI) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara rutin menyelenggarakan Ceramah Zuhur Ramadan di Masjid As-Salam Kementerian PUPR. Di hari keenam (Selasa, 28/3/2023), BPDI Kementerian PUPR menghadirkan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Asep Arofah Permana sebagai penceramah yang menyampaikan tentang Dahsyatnya Puasa Ramadan dan Membaca Al-Qur’an.

Asep Arofah mengatakan setiap umat Islam saat bertemu dengan bulan Ramadan, maka wajib baginya untuk berpuasa. Sebab puasa Ramadan termasuk dalam rukun Islam, sebagaimana kewajiban umat Islam membaca dua kalimat syahadat, sholat 5 waktu, membayar zakat, dan menunaikan haji bagi yang mampu.

“Karena puasa Ramadan dilaksanakan dengan niat karena Allah SWT, Maka kita harus mengetahui untuk menjadi orang yang bertaqwa, maka kita wajib berpuasa,” kata Asep Arofah.

Menurutnya, puasa Ramadan memiliki keutamaan seperti pahala ibadah puasa tak terbilang, puasa menggabungkan 3 jenis kesabaran, puasa akan memberikan syafaat kelak di hari kiamat, dan orang yang berpuasa akan diganjar ampunan dan pahala yang besar. “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seseorang hamba dari siksa api neraka,” kata Asep Arafah.

Selanjutnya Asep Arofah juga menyampaikan keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan guna menyempurnakan ibadah puasa. Seseorang yang rutin membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pahala yang berlipat, terhindar dari godaan setan, mendapat syafaat di hari akhir, dan memberikan ketenangan hati.

“Semoga apa yang disampaikan ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua, khususnya saya pribadi untuk dapat menjalani puasa Ramadan dengan sebaik-baiknya,” kata Asep Arofah. (Rls)

Artikulli paraprakPemerintah Indonesia Tegaskan Komitmen terhadap Perlindungan dan Pemajuan HAM pada Adopsi Laporan UPR Indonesia Siklus ke-4
Artikulli tjetërTahap 1, Kemenag Siapkan Rp73 Miliar Tunjangan Khusus 9.043 Guru Madrasah Daerah 3T