Distan Mukomuko pastikan pasokan hewan kurban mencukupi

Mukomuko – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu memastikan pasokan hewan kurban dapat mencukupi kebutuhan masyarakat setempat pada Idul Adha mendatang.

“Populasi hewan ternak sapi, kerbau, dan kambing di daerah ini sebanyak 25 ribu ekor sehingga mencukupi kebutuhan masyarakat pada Idul Adha tahun ini, bahkan ada hewan ternak yang dijual ke luar daerah,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah, dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Ia menjelaskan masyarakat di daerah ini membutuhkan hewan kurban sebanyak 1.637 ekor, atau sama dengan kebutuhan masyarakat pada Idul Adha tahun sebelumnya, yang dapat dipenuhi dari wilayah setempat.

Namun, ia meminta kepada masyarakat untuk memeriksakan kesehatan hewan kepada petugas peternakan dan kesehatan hewan, untuk mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kita minta masyarakat supaya melibatkan petugas kesehatan peternakan dan kesehatan hewan. Ada tiga pusat kesehatan hewan di daerah ini, yakni puskeswan di Kecamatan Air Manjunto, Kecamatan Penarik, dan Kecamatan Ipuh,” ujarnya.

Selain meminta kesediaan masyarakat untuk berkoordinasi dengan petugas di Puskeswan, ia memastikan dokter hewan juga akan turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban.

Dalam kesempatan ini, Apriansyah juga menegaskan hingga saat ini belum ditemukan laporan kasus PMK yang menyerang hewan ternak di daerah sekitar.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang menemukan adanya hewan dengan ciri PMK supaya pro aktif untuk berkoordinasi dengan dokter hewan terdekat. Sehingga hewan ternak yang akan disembelih dijadikan hewan qurban lebih terjamin kesehatannya,” ujarnya. (Ant)

Artikulli paraprakAkibat Pembatasan Kuota, RL Hanya Berangkatkan 106 CJH
Artikulli tjetërKetum Relawan ET 2024 Deklarasikan Dukung Erick Thohir jadi Presiden 2024